Perhatikan Hal Ini Jika Kamu Berenang Saat Menstruasi

0
34

Ladies, jangan biarkan menstruasi jadi penghalang untuk kamu bersenang-senang, termasuk untuk berenang. Jangan takut atau cemas dengan pertanyaan apakah kamu boleh berenang saat menstruasi atau tidak, karena jawabannya sudah pasti boleh!

Tapi meskipun tidak ada larangan bagi perempuan untuk berenang saat menstruasi, kamu mungkin punya perasaan tidak nyaman atau khawatir soal higienitas dan takut darah haid keluar. Jangan khawatir ladiesCosmo punya beberapa tips untuk membantu menghilangkan perasaan tersebut.

*Kamu tetap bisa merasa nyaman saat berenang meski sedang menstruasi. *

Meskipun menstruasi sering membuat kamu tidak nyaman, entah karena sakit perut, pegal, sakit kepala, dan lain-lain, tapi menurut ahli kesehatan wanita dan OB/GYN, Dr. Jessica Shepherd MD, MBA, mendiskusikan rencana berenang ketika menstruasi dengan seseorang yang mengerti kondisi ini dapat mengurangi perasaan khawatir. “Solusi yang dicari tentunya yang paling sederhana. Seperti menggunakan tampon atau menstrual cup yang dapat membuat pikiran lebih tenang saat berada di kolam renang atau laut,” ujar Dr. Shepherd yang melanjutkan, “Kamu mungkin akan merasa lebih nyaman menggunakan celana pendek untuk perlindungan lebih dan juga menggantinya beberapa kali, jadi pastikan kamu membawa celana lebih!”

Pembalut mungkin bukan pilihan terbaik.

Walaupun pembalut adalah pilihan terbaik sebagai alat penyerap darah menstruasi, tapi itu bukanlah pilihan yang tepat jika kamu ingin berenang. Karena pembalut tidak hanya akan menyerap darah tapi juga air kolam atau laut. Ini membuat pembalut yang kamu pakai akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri-bakteri sebab darah dan air kolam yang tidak 100% bersih tersimpan di pembalut itu. Iiihhh ladies, tentunya kamu tidak ingin menambah masalah kan? Jadi hati-hati ya!

Tampon atau menstrual cup adalah pilihan yang lebih tepat. Jika kamu nyaman menggunakan menstrual cup dan bisa dengan cepat melepasnya, bilas dan masukkan kembali cup ke tempat yang aman setelah berenang. Dengan begitu kamu bisa menggunakannya lagi. Namun, di beberapa tempat umum, lebih mudah menggunakan tampon karena mudah dilepas dan diganti dengan yang baru. Serta perlu diingat juga tidak ada produk menstruasi yang ‘baik’ untuk digunakan saat berenang. Ini hanya bergantung pada pilihan dan kenyamanan pribadi. Sedangkan Dr. Shepherd merekomendasikan tampon dan menstrual cup.

*Gunakan baju renang yang tepat. *

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan tampon atau menstrual cup, pilihlah pakaian renang yang didesain khusus untuk dipakai menggunakan pembalut. Contohnya seperti baju renang ini, yang didesain untuk membuat pembalut tetap berada pada tempatnya. Sehingga saat di dalam air, pembalut tidak akan mudah bergeser. Pakaian renang satu ini bekerja lebih baik daripada yang biasanya. Tujuannya untuk membuat kamu tetap nyaman dan tidak merasa khawatir darah akan keluar saat di air, sehingga pikiranmu tetap tenang ketika berenang.

Tapi ladiesCosmo sarankan jika kamu ingin berenang menggunakan pembalut pastikan saat masa menstruasi sudah hampir selesai. Atau jika baru hari-hari pertama, gantilah pembalut secara rutin terlebih jika dirasa sudah tidak nyaman.

*Tidak higienis untuk berenang saat menstruasi hanyalah mitos. *

Mungkin salah satu faktor yang membuat perempuan enggan berenang saat haid adalah mitos tersebut. Sebetulnya, berada di dalam air justru dapat membantu mengurangi pendarahan dan cenderung tidak terlalu banyak darah keluar di tampon atau produk menstruasi lainnya. Hal ini disebabkan tekanan balik air yang menghentikan aliran menstruasi saat air masuk. Selain itu saat kamu mengapung dan berenang di air, kurangnya gravitasi juga dapat menghambat aliran menstruasi di vagina. Tetapi, bukan berarti karena berenang, masa haid kamu jadi berhenti ya!

*Gantilah pembalut secara teratur. *

Saat tidak berenang saja perempuan diwajibkan mengganti pembalut setiap kurang lebih empat jam sekali, apalagi ketika kamu berenang dan keluar masuk kolam. Tidak peduli seberapa bagus pembalut yang kamu pakai, pada akhirnya akan menahan lebih banyak air daripada yang bisa diserap. Selain membuat kamu tidak nyaman, bukan tidak mungkin juga kamu akan terkena infeksi, jadi pastikan untuk bilas sesegera mungkin setelah berenang demi menghindari infeksi jamur apa pun dari klorin yang bisa mengganggu atau bahkan menyakiti vagina saat kamu berenang.

So ladies, jangan biarkan menstruasi menahanmu melakukan aktivitas yang kamu sukai. Sekarang ini banyak sekali solusi yang bisa membantu perempuan tetap merasa normal ketika berenang saat menstruasi. Pastikan saja kamu tidak terlalu lama berada di dalam air dan jika kamu berencana untuk berenang lebih dari tiga jam, keluarlah sebentar untuk mengganti tampon, pembalut, atau membilas menstrual cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here