Atasi Nyeri Otot Pasca Olahraga dengan 5 Trik ini

0
127
Atasi Nyeri Otot Pasca Olahraga dengan 5 Trik ini
Atasi Nyeri Otot Pasca Olahraga dengan 5 Trik ini

Nyeri otot pasca berolahraga terjadi akibat beberapa sebab, mulai dari intensitas yang terlalu tinggi, perubahan frekuensi latihan, terkilir, hingga terlalu memaksakan diri mengambil olahraga terlalu berat. Kondisi tersebut juga sering disebut dengan Delayed Onset Muscle Soreness(DOMS). Supaya tidak berkepanjangan, nyeri otot pasca berolahraga sebaiknya segera Anda atasi dengan trik berikut ini.

KOMPRES AIR DINGIN DAN HANGAT

Menurut Cindy Ng Li Whye, selaku Principal Physiotherapist asal Department of Physiotherapy and LIFE Centre, Singapore General Hospital (SGH), saat terjadi luka akut atau pembengkakan pada area otot dan sendi, sebaiknya segera ambil handuk tipis dan kompres bagian yang terasa nyeri dengan air dingin selama 15 menit. Namun, jika pembengkakan pada otot hanya terasa nyeri sesaat sebaiknya kompres air hangat atau oleskan balsem panas selama 15 menit untuk memperlancar sirkulasi darah.

LAKUKAN PEREGANGAN

Saat otot terasa nyeri sebaiknya segera lakukan peregangan selama 10 menit. Anda dapat mengambil beberapa gerakan sederhana seperti mengayunkan lengan atau kaki secara perlahan dan mulailah berjalan dengan langkah pelan. Kegiatan ini bertujuan untuk merenggangkan otot yang tegang dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

KONSUMSI OBAT ANTI-INFLAMASI

Jika rasa nyeri terasa begitu sakit dan tidak tertahankan, sebaiknya segera konsumsi obat anti-inflamasi. Anda dapat memilih jenis aspirin dan ibuprofen untuk meredakan rasa nyeri otot pasca berolahraga. Namun, penggunaan obat sebaiknya dikonsumsi sesuai takaran dokter dan tidak boleh berlebihan.

MEMIJAT

Teknik satu ini sebaiknya dilakukan oleh para profesional, karena jika tidak akan menimbulkan cedera yang lebih parah. Lakukanlah pijatan secara perlahan pada daerah yang mengalami rasa nyeri otot. Jika Anda ingin melakukannya sendiri, sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan tekanan terlalu keras pada bagian tersebut untuk mencegah keparahan pada titik cedera.

atasi nyeri otot
(Foto: Schantalao/ Freepik.com)

MANDI AIR HANGAT

Setelah berolahraga sebaiknya segera mandi air hangat untuk merelaksasi otot dan meningkatkan aliran darah. Ketika sistem aliran darah lancar maka sirkulasi oksigen di dalam tubuh akan mudah bergerak dan meredakan rasa nyeri pada bagian yang mengalami cedera. Namun sebelum mandi, pastikan tubuh sudah dalam keadaan kering atau tidak berkeringat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here