Sudah Dimasukkan Kulkas karena Dikira Meteor, Ternyata Tinja Beku

1
162
batu meteor
Ilustrasi batu meteor. (Foto: Pixabay)

Peristiwa berikut ini bisa dibilang nahas, miris, atau kocak, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Sebuah bongkahan menyerupai batu jatuh dari langit, bikin heboh sebuah desa kecil di India. Awalnya dikira meteor, tapi ternyata tinja beku.

Diberitakan The Indian Express, peristiwa ini terjadi pada Sabtu pekan lalu di desa Fazilpur Badli, negara bagian Haryana. Warga desa dikejutkan oleh bongkahan yang terjerembab di tanah. “Seperti ditembakkan dari langit,” kata warga desa itu.

Bongkahan itu berwarna pucat kuning-kecoklatan, dengan tekstur sedikit transparan di permukaannya. Balwan, pemilik tanah tempat benda itu jatuh, mengaku mendengar suara seperti pesawat ketika benda itu jatuh.

“Beratnya setidaknya 8 atau 10 kg jika dilihat dari bekas benturan di tanah. Awalnya kami kira itu es, tapi tidak mencair. Jadi kami menduga ada bahan kimia terkandung di dalamnya. Karena tidak yakin, kami tidak berani menyentuhnya,” kata Balwan.

Balwan takut memegangnya, tapi tidak demikian dengan warga desa lainnya. Mereka menduga itu adalah meteor yang jatuh dari langit. Jika benar itu meteor, harganya bisa sangat mahal.

Akhirnya beberapa warga membawa pulang sedikit pecahan dari benda tersebut dan memasukkannya ke dalam kulkas mereka.

Balwan lantas memanggil kepala desa yang kemudian melapor ke polisi. Polisi yang datang juga keheranan melihat benda itu. Satgas kriminal dan forensik didatangkan untuk menyelidikinya, jangan-jangan berbahaya.

Setelah berjam-jam diliputi tanda tanya, akhirnya mereka memanggil para ilmuwan dari Departemen Meteorologi India (IMD) yang datang pada sore hari. Sampel kemudian diambil untuk diteliti.

Sungguh terkejut mereka mendengar hasil penelitian IMD. Bongkahan itu bukan meteor, bukan benda langit, atau barang berharga lainnya. Tidak lain dan bukan, benda itu adalah tinja beku yang dibuang dari atas pesawat.

Akibat kecepatan jatuh dan temperatur dingin di udara, tinja yang dibuang dari atas pesawat akan membeku ketika mencapai daratan.

Padahal baru 10 hari India mengeluarkan larangan pesawat mengosongkan toilet mereka di udara. Pasalnya, kasus seperti ini bukan barang baru di India. Maskapai yang melanggarnya akan didenda 50 ribu rupee atau lebih dari Rp 10 juta.

Mengetahui benda itu adalah tinja beku, warga desa Fazilpur Badli mengaku kecele dan membubarkan diri. Paling kesal adalah mereka yang sudah rela membawa benda itu ke rumah dan memasukkannya ke kulkas, bersama dengan bahan-bahan makanan.

Mengutip International Business Times India, warga langsung membersihkan kulkas mereka dan benda-benda yang bersentuhan langsung dengan benda itu di rumah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here