Pria Singapura Pecahkan Rekor Tumbuhkan Melon Seberat 32 Kg

0
77
melon terbesar
Winter Melon (Foto: Dok. Lianhe Wanbao)

Seorang pegawai pensiuan di Singapura yang bernama Huang Guanghui (73), berhasil memanen melon musim dingin dengan berat 32 kg. Melon musim dingin yang dipanen Huang tersebut, berhasil melampaui rekor sebelumnya, yakni seberat 25 kg atau 10 kali dari ukuran yang normal dalam kompetisi bertajuk Community Garden Edibles Competition pada November 2017.

Dalam sebuah wawancara bersama Surat Kabar China Lianhe Wanbao, pada hari Minggu (21/1), Huang bercerita ketika kecil, ia sering mengamati ayahnya berkebun dan menanam berbagai jenis sayuran. Sejak saat itu, rasa cintanya terhadap sayuran mulai tumbuh.

Huang lalu memutuskan untuk menjadi seorang penjual sayuran, setelah pensiun dari pekerjaannya pada usia 60 tahun.

Pada 2012, Huang mulai bergabung dengan sebuah komunitas tanaman di dekat rumahnya di Bukit Batok Street 31. Dalam komunitas tersebut, ia mulai belajar menanam berbagai jenis sayuran, seperti kacang hijau dan sosin.

Setelah beberapa tahun menanam sayuran, pada September 2017 lalu, ia mulai mencoba untuk menanam tanaman melon musim dingin dengan menaburkan beberapa biji pertamanya. Beberapa bulan berikutnya, ia mulai melihat tanamannya tumbuh dengan cepat dan baik, sebelum mulai menghasilkan buah.

Dikutip dari thestars, Senin (22/1) Huang mengatakan tidak pernah menduga bahwa melon musim dingin yang ia tanam akan memiliki berat lebih dari 30 kg. Selain itu, ia juga menceritakan bagaimana merawat tanaman melon tersebut.

“Saya menggunakan pupuk kandang ayam dan pupuk biasa secara teratur. Selain itu, saya menyiramnya secara teratur bila tidak ada hujan,” kata Huang.

Huang berbagi cerita soal cara menanam melon itu. Dia mejelaskan saat tanaman mulai menghasilkan buah, ia akan menyingkirkan tanaman lain yang tumbuh terlalu lambat. Sebab, tanaman itu dapat menggangu nutrisi dari tanaman yang tumbuh secara normal.

“Saya hanya memiliki tiga melon musim dingin, yang pertama saya ambil setelah pertumbuhannya tidak maksimal. Kemudian saya memanen yang kedua saat beratnya mencapai 19 kg pada Minggu lalu.” ucap Huang.

Huang mengatakan bahwa jika waktunya tepat dan masih diberi kesempatan, ia berharap bisa berpartisipasi dalam kompetisi Community Garden Edibles Competition. Tidak lupa, ia mengucapkan rasa terima kasih kepada tetangganya yang telah ikut dalam merawat melon musim dinginnya.

Sebagai rasa terima kasihnya, ia memotong melon musim dingin raksasa tersebut dan membagikannya kepada para tetangganya. Selain membagikan melon tersebut, ia juga membagikan beberapa buah lainnya kepada tetangganya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here