Viral, Postingan Foto Karcis Parkir Di Yogyakarta

0
68

SEDANGRAME.COM, Yogyakarta – Sejak diposting pada Minggu (24/12/2017) oleh akun bernama Wiwik Shopie Wiwik Shopie di Grup Facebook, Info Cegatan Jogja.Postingan yang sudah mendapat reaksi dari 6 ribu netizen, 2.100 komentar dan sudah dibagikan sebanyak 141 kali.

Akun yang memosting foto selembar karcis parkir yang tertera tarifnya untuk mobil Rp 20.000 dan travel Rp 40.000.

Mendapat Respon netizen hampir seragam. Namun hampir semua protes dan menyayangkannya.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogya, Imanuddin Aziz. Aziz menyampaikan bahwa lokasi yang karcis parkirnya diposting di facebook itu memang benar di kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta.

Pihaknya telah terjun ke lapangan dan menemui pihak pengelola parkir di sana. Aziz menjelaskan bahwa sebenarnya wilayah Alun-alun Utara masih merupakan kawasan Keraton Yogyakarta sehingga dia tak memiliki kewenangan kecuali pengaturan rambu-rambu lalu lintas.

Aziz menjelaskan bahwa tarif parkir resmi untuk mobil yakni Rp 2.000. Tarif ini diatur dalam Perda No 5 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum.

“Kalau sisi tarif, itu mestinya mobil Rp 2.000, bus besar Rp 20.000, dan bus sedang 15.000. Itu berdasarkan Perda No 5 Tahun 2012, tentang Retribusi yang di dalamnya mengatur tentang parkir tepi jalan umum,” jelas Aziz.

Mengenai hal ini Forum Komunikasi Komunitas Alun-alun Utara (FKKAU) juga ikut angkat bicara.

Menurut Sekretaris FKKAU Krisnadi Setyawan, Pemerintah Kota (Yogyakarta), dalam hal ini dinas perhubungan tidak menerbitkan izin parkir untuk jalan lingkar Alun-alun Utara, kecuali ketika ada acara Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS).

Di luar acara PMPS, lanjut Krisnadi, tidak ada izin resmi soal parkir di kawasan itu. Ditambah lagi ada rambu-rambu dilarang parkir yang menurutnya membuat secara komunitas tak mungkin merancang peraturan soal itu.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here