8 Foto Anak Ini Pernah Viral Banget di Internet. Bikin Hati kayak Tercabik-cabik Saat Ngeliatnya

0
95

Sebuah foto bisa bikin orang ngakak, ketawa, senyum-senyum sendiri, bahkan nangis. Ya begitulah kekuatan sebuah bidikan kamera. Ada yang mengabadikan momen bahagia, ada juga yang justru mengabadikan momen yang sangat menyedihkan kayak yang berikut ini. Kamu mungkin udah pernah ngeliat beberapa foto ini tersebar di dunia maya. Berkali-kali ngeliat foto anak-anak ini, berkali-kali pula hati teriris-iris.

8. Burung yang menunggu seorang anak meninggal dunia

Judul: The Vulture and the Little Girl, Ayod, South Sudan, 1993 (Burung dan Seorang Anak Kecil)

Foto ini sangat amat dramatis. Di hari yang sangat cerah, ada seorang anak kecil yang lemah banget dan nggak bisa berdiri. Dia adalah satu dari banyak orang di Sudan Selatan yang hampir meninggal karena kelaparan. Seekor burung datang dan menunggu sampai akhirnya anak itu meninggal.
Foto ini bikin orang bertanya-tanya, kenapa si fotografer malah ngambil foto tapi nggak nolong. Ternyata saat itu, jurnalis nggak boleh menyentuh korban kelaparan karena dikhawatirkan bisa menyebarkan penyakit.

7. Pengungsi Suriah yang Gagal Diselundupkan

Judul: Death of Alan Kurdi, Bodrum, Turkey, 2015 (Kematian Alan Kurdi)

Seorang fotografer, Nilufer Demir, ngeliat ada anak dua tahun asal Suriah yang terdampar di pantai. Anak bernama Alan Kurdi itu terlihat seperti lagi tidur. Demis memutuskan buat ngambil foto anak itu karena dia percaya foto adalah satu-satunya cara buat menyuarakan isi hati dan keinginan si anak yang nggak bisa ngapa-ngapain itu. Di tahun 2015 silam, kamu pasti juga dengar dan baca tentang Alan Kurdi ini. Keluarganya adalah pengungsi yang ngalamin berbagai macam kesulitan, dari kelaparan hingga penolakan.

6. Keluarga di Pea Pickers’ Camp Saat Terjadi ‘Great Depression’

Judul: Migrant Mother, Nipomo, California, 1936

Foto ini jadi salah satu foto paling terkenal di Amerika. Masa ‘Great Depression’ yang terjadi di Amerika membuat banyak orang menderita terutama perempuan dan anak-anak. Foto dramatis itu diabadikan oleh seorang fotografer bernama Dorothea Lange. Awalnya dia udah pergi dan entah kenapa dia pengen balik lagi ke pengungsian. Di sana dia bertemu satu keluarga. Ada orangtua dan tujuh anaknya. Menurut cerita Lange, ada orang yang sampai jual ban mobilnya buat eli makanan. Keluarga itu sampai rela makan burung.

5. Jatuh dari Bangunan Bertingkat

Judul: Fire Escape Collapse, Boston, Massachusetts, 1975

Fotografer yang mengambil foto ini nggak sadar bahwa dia lagi mengabadikan momen yang sangat amat kritis. Dia mengira dia sedang mengambil gambar biasa saat tim penyelamat berusaha buat menolong anak itu keluar dari kebakaran. Butuh waktu beberapa saat sampai akhirnya Stanlet Forman sadar bahwa dia lagi ngambil momen yang mengerikan. Dia udah ngerasa ketakutan tapi nekat mengabadikan momen saat ada anak yang jatuh dari lantai atas gedung buat selamat dari kebakaran. Nggak mau ngeliat momen saat anak itu jatuh, si fotografer akhirnya lali. Nah, ajaibnya si anak itu selamat.

4. Anak kecil yang kerja di pabrik kain

Judul: Sadie Pfeifer, Lancaster, South Carolina, 1908

Lewis Hine adalah sosok di balik foto ini. Dia pengen menunjukkan penderitaan anak-anak yang harus kerja tiap harinya. Hine pergi ke North Carolina dan mengambil foto anak-anak yang kerja di pabrik dan anak yang jualan di jalan. Anak-anak itu mengalami anyak kekerasan. Mereka nggak diajari baca tulis dan bahkan dihukum pakai kekerasan. Pendapatan yang mereka dapatkan juga sangat kecil.
Anak kecil yang ada di gambar itu adalah Sadie Pfeifer. Dia menjaga mesin kapas besar. Foto itu sempat memicu perdebatan tentang undang-undang tentang pekerja di usia anak.

3. Anak Asal Irak yang Sedang Menangis setelah Orangtuanya Meninggal

Judul: Iraqi Girl at Checkpoint, Tal Afar, Iraq, 2005

Itu adalah gambar seorang anak yang kecil asal Irak yang sedang menangis dan tubuhnya berlumuran darah. Saat itu orangtuanya baru aja pulang dari rumah sakit dan ada tentara AS yang menembaki mobil mereka karena disangka isinya adalah bom. Setelah beberapa saat tentara itu baru sadar bahwa itu adalah rakyat biasa.

2. Anak-anak yang kabur dari pengeboman yang salah

Judul: Napalm Girl, Trang Bang, Vietnam, 1972

Pembom AS mengira anak-anak Vietnam itu adalah musuh. Mereka menjatuhkan bom pembakar di desa. Anak-anak itu melarikan diri. Nick Ut berdiri dengan beberapa fotografer lain saat anak-anak itu lari mendekati mereka. Di foto itu adalah salah satu anak yang nggak pakai baju. Dia lari sambil teriak ‘Panas, panas’.

1. Pengeboman yang dilakukan oleh Jepang

Judul: Bloody Saturday, Shanghai, China, 1937

Ini adalah salah satu foto yang paling berkesan sepanjang sejarah. Foto itu diambil setelah Jepang mengebom Shanghai di tengah hari pada Sabtu, 28 Agustus 1937. Bom diledakkan di stasiun kereta api di mana ada banyak pengungsi Jepang.
Fto itu diambil oleh H.S. Wong. Dia melihat bayi sendirian di jalur kereta dan ibunya tergeletak, meninggal dunia, di dekatnya.

Nah, itulah beberapa foto anak yang paling viral dan bersejarah. Masing-masing punya cerita yang bikin merinding sekaligus prihatin terhadap apa yang mereka alami. Semoga aja udah nggak ada lagi anak yang mengalami semua penderitaan kayak anak yang ada di foto-foto itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here