Bubur Bukan Hanya di Indonesia, Empat Negara ini juga Punya

0
129

Salah satu menu sarapan yang biasa dikonsumsi adalah bubur. Makanan yang terbuat dari beras dan dimasak hingga lembek ini, banyak disantap masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, tekstur bubur yang lembut juga mudah dicerna.

Bubur tidak hanya ada di Indonesia, di beberapa negara pun memiliki makanan serupa. Di mana saja?

Upma, India

Bukan hanya terkenal dengan kuliner serba kare-nya. Jika berkunjung ke India, jangan lupa mencicipi bubur khasnya. Upma namanya, yaitu terbuat dari tepung semolina dan dicampur dengan bahan rempah-rempah. Seperti biji moster, daun kari, jintan, kacang, garam, bawang hingga cabai hijau. Namun, jenis upma terbagi dua, yaitu yang diolah menggunakan santan. Ada juga bubur yang teksturya renyah.

Genfo, Ethiopia

Negara bagian dari Afrika ini juga punya bubur khas, dinamakan genfo. Terbuat dari tepung gandum dan terigu. Biasanya, genfo disantap untuk menu sarapan atau sebagai suguhan untuk para tamu di acara-acara tertentu. Oh iya, genfo sangat baik disantap oleh ibu hamil dan sehabis melahirkan karena dipercaya memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kasha, Rusia

Jika di Jepang biji soba biasa dijadikan tepung dan diolah jadi mi, lain halnya di Rusia. Panganan satu ini dibuat bubur, dinamakan kasha sebagai makanan khasnya. Warnanya agak kecoklatan, hampir mirip dengan santapan untuk bayi. Pertama, biji soba direbus dengan air atau susu hingga mendidih dan teksturnya jadi lembut. Untuk tambahan rasanya, beri sedikit garam dan mentega pada olahan pertama. Masyarakat Rusia, biasanya menambahkan bawang putih goreng atau susu sebagai pelengkapnya.

Polenta, Italia

Kemudian, Polenta dari Italia. Jika dilihat sekilas, mirip dengan bubur jagung dari Indonesia. Memang, bahan dasarnya adalah sama, yang digiling hingga halus. Setelah itu, biji jagung direbus dengan tambahan air dan garam. Jika tekstur plenta sudah menyerupai krim, artinya makanan ini sudah siap diangkat. Supaya lebih nikmat, tambahkan toping, seperti daging, sayur, ikan atau buah-buahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here