Hewan Aneh
Hewan yang menghebohkan Indonesia selama 2017 (Foto: Wikimedia Commons, Instagram @makassar_info, Dok. Gandik)

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati luar biasa. Wajar kiranya jika tak semua hewan yang ada di negeri bisa dikenali dan diidentifikasi satu per satu, baik karena hewan itu memang langka, maupun karena terjadi abnormalitas yang mengubah tubuh dari hewan tersebut.

Sepanjang tahun 2017 ini pernah muncul beberapa hewan yang menghebohkan, baik karena bentuk tubuhnya, ukurannya, maupun perilakunya.

Ketika gambar dari hewan-hewan aneh itu tersebar ke media sosial, tak heran hewan-hewan itu membuat banyak orang terkejut. Bahkan, tak sedikit orang yang mengaitkannya dengan peristiwa mistis.

Tim kumparan (kumparan.com) telah merangkum kemunculan hewan-hewan aneh yang sempat membuat heboh Indonesia selama tahun 2017. Berikut adalah 7 hewan yang menghebohkan Indonesia sepanjang tahun ini.

1. Katak Raksasa Enrekang

Katak berukuran tidak biasa ini membuat terkejut warga yang menangkapnya. Dengan berat hingga 1,5 kilogram, tentu katak yang ditemukan di Desa Buntu Mondong, Enrekang, Sulawesi Selatan ini sangat tidak biasa.

Katak raksasa Enrekang ditemukan oleh warga setempat pada 25 April 2017. Darussalam, salah satu warga di sana, mengirimkan video kepada kumparan untuk membuktikan bahwa katak raksasa itu bukanlah hoax.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengonfirmasi bahwa katak tersebut termasuk dalam spesies Limnonectes grunniensi yang biasa ditemukan di wilayah Sulawesi, Papua, dan Maluku. Kepala Laboratorium Herpetologi LIPI, Amir Hamidy memperkirakan katak yang ditemukan di Enrekang itu sudah berusia lebih dari 5 tahun.

2. Ular Piton Memangsa Manusia

Ular piton makan manusia di Mamuju (Foto: Istimewa) 

Seekor ular piton di Mamuju, Sulawesi Barat, membuat geger dunia karena telah menelan manusia seberat 62 kilogram. Sebelumnya, Akbar, korban ular tersebut, dinyatakan hilang setelah tidak kunjung pulang ke rumah. Warga yang mencarinya hanya menemukan sepatu dan peralatan milik Akbar, dan di dekatnya terdapat seekor ular piton gemuk yang kekenyangan.

Kecurigaan warga terhadap piton membuat mereka beramai-ramai membedah isi perut ular itu. Dan yang mereka temukan sungguh mengejutkan, jasad Akbar ditemukan berada di dalam perut piton tersebut.

3. Ngengat dengan Empat ‘Kaki Penuh Bulu’

Creatonotos gangis (Foto: Dokumentasi Gandik) 

Warga Kebumen, Jawa Tengah, dikejutkan oleh ngengat berwujud menyeramkan. Ngengat tersebut seperti memiliki empat kaki berbulu di belakang tubuhnya.

Rupanya ngengat tersebut memiliki nama ilmiah Creatonotos gangis. Normalnya, ngengat itu tidak memiliki empat ‘kaki belakang’ seperti itu. Namun ‘kaki’ tersebut muncul untuk menyebarkan feromon ketika musim kawin tiba.

4. Ular ‘Berkaki’

Kadal ular. (Foto: Wikimedia Commons) 

Seekor hewan mirip ular membuat heboh warganet Indonesia. Kehebohan itu bermula ketika akun Instagram @wowfakta yang mengunggah video hewan bertubuh panjang mirip ular yang memiliki empat kaki kecil di tubuhnya. Akun tersebut bertanya kepada followersnya apakah mereka tahu, hewan apa itu.

Ketika dikonfirmasi oleh kumparan, Kepala Laboratorium Herpetologi LIPI, Amir Hamidy, mengatakan hewan tersebut adalah kadal kecil berjenis Lygosoma quadripes yang sering disebut sebagai kadal ular. Kadal tersebut umum ditemukan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia dan bukan termasuk jenis ular.

5. Hewan Laut Rakasasa Terdampar di Maluku

Hewan laut terdampar. (Foto: Dok. Kodam Pattimura ) 

Seekor hewan laut raksasa terdampar di pesisir pantai Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Semula, hewan tersebut berukuran 15 meter dengan berat 35 ton tersebut dikira sebagai cumi-cumi raksasa.

Namun Mohammad Mukli Kamal, peneliti dari IPB mengatakan bahwa hewan tersebut mungkin adalah paus sperma bergigi yang memiliki nama ilmiah Physeter macrocephalus.

6. Mamalia Bermata Satu

Hewan bermata satu (Foto: Instagram/@makassar_info) 

Lagi-lagi, foto hewan aneh menggegerkan warganet di media sosial. Foto seekor mamalia bermata satu pernah diunggah oleh akun Instagram @makassar_info pada Mei 2017. Kehebohan terjadi karena ada orang-orang yang mengkaitkan hewan tersebut dengan Dajjal dan Minion.

Peneliti LIPI mengatakan hewan itu adalah bayi kucing yang mengalami abnormalitas. Abnormalitas tersebut bernama cyclops syndrome yang membuatnya terlahir hanya dengan satu mata besar.

7. Hoax Ulat Bulu Mematikan

Tidak ada ulat di Indonesia yang bisa membunuh. (Foto: Dok. Istimewa) 

Di pengujung 2017, foto seekor ulat bulu beredar di media sosial dan aplikasi pesan instan. Ulat itu disebut-sebut sebagai ulat yang bisa membunuh manusia dalam waktu 4 jam saja.

Kabar ini membuat LIPI mengadakan media briefing untuk mengklarifikasi keberadaan ulat tersebut. Hari Susanto, peneliti ulat LIPI mengklarifikasi kabar keberadaan ulat tersebut. Faktanya, ulat di foto itu memang ada di Indonesia, tapi kabar bahwa ada ulat itu dapat mematikan adalah hoax.

LIPI menegaskan, tidak ada ulat di Indonesia yang bisa membunuh manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here