Suka Kopi Tapi Takut Asam Lambung? Ternyata Begini Cara Sehat Konsumsi Kopi

0
60
via balitribunnews.com

Sampai detik ini, kopi seakan masih saja menjadi salah satu minuman yang melegenda. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, nyatanya eksistensi kopi dalam mengisi hari-hari masih saja menjadi favorit. Tak pandang usia, aroma kopi seakan mampu menjadi sihir bagi siapapun yang menghirupnya.

Namun sayang, meski kopi diketahui menjadi menu favorit, nyatanya kandungan pada kopi dinilai tak begitu baik bagi kesehatan. Kafein yang terkandung dalam kopi memang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya kesehatan lambung.

Seperti yang dilansir dari health.liputan6.com, Menurut dr. Annisa Maloveny, Sp.PD, kopi dapat memberikan manfaat bagi tubuh, terutama saat bekerja. Meski dapat menunjang pekerjaan, namun sayangnya kopi juga memiliki efek buruk jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun jangan khawatir, para penggemar kopi tak usah patah hati lantaran kandungan kopi yang dinilai berbahaya bagi kesehatan. Mengatur cara mengkonsumsi kopi menjadi salah satu terobosan baru agar si penggemar kopi tetap dapat menikmati kopi tanpa khawatir mengkhawatirkan naiknya asam lambung. Penasaran gimana caranya? Simak penjelasan berikut!

Untuk meminimalisir efek buruk dari kafein, dr. Annisa mengimbau untuk mengonsumsi kopi dalam batas aman, yaitu dibawah tiga gelas perhari.

Menurut penelitian, batas aman asupan kafein per harinya 300-400mg. Sebaiknya konsumsi di bawah 300mg. Dalam segelas kopi, biasanya kafeinnya sebanyak 100mg,” jelas dia.

Penjelasan ini menunjukkan bahwa dalam sehari, idealnya minum kopi yaitu kurang dari tiga gelas per hari dan ukuran gelas kopi yang digunakan umumnya antara 200 ml hingga 240 ml.

Selain itu, dr. Annisa juga mengingatkan untuk memperhatikan faktor lainnya pula. “Sebaiknya minum kopi setelah makan agar perut terisi, minimal satu jam setelah makan. Hal ini untuk menghindari naiknya asam lambung,” ucap dokter cantik ini.

Selain itu, para penggemar kopi juga perlu memperhatikan kebutuhan minum air putih setiap harinya. Kenapa?

Kopi bersifat diuretik, yaitu melancarkan urine. Jika tidak minum air putih, orang yang gemar minum kopi bisa terkena dehidrasi,” pungkasnya.

sumber : serumpi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here