12 Teknologi Fiksi Keren yang Ada di Film ‘Star Wars’

kumparan.com

0
84
Rey dengan Lightsaber-nya di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)

Akhirnya tiba juga di tanggal 13 Desember, sebuah tanggal yang penting bagi para penggemar ‘Star Wars’ di Indonesia. Kenapa? Karena di hari ini film seri ke-8 dari waralaba tersebut, ‘Star Wars: The Last Jedi’, resmi ditayangkan di seluruh bioskop di Tanah Air.

Cerita saga ‘Star Wars’ memang identik dengan berbagai macam teknologi dan senjata canggih yang ikonik. Bagi para penggemar film ‘Star Wars’, mungkin benda-benda atau teknologi ini sudah tidak asing lagi karena pernah menjumpainya di dalam film.

Nah, jika kamu belum pernah menonton film Star Wars tetapi ingin ikut merayakan euforia film terbarunya ini, yuk kenalan dengan teknologi-teknologi di dalam film ‘Star Wars’. Atau mungkin bagi kamu yang sudah tahu tapi masih ingin mengingat kembali benda-benda ikonik di film ini.

Apa saja ya benda-benda teknologi ikoniknya? Berikut ini daftar 12 benda teknologi fiksi keren pilihan kami yang ada di film ‘Star Wars’.

1. Lightsaber

Lightsaber di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Lightsaber di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Senjata satu ini bisa dibilang sebagai ikonnya ‘Star Wars’. Ya, Lightsaber adalah adalah hal yang paling populer dari ‘Star Wars’ dan mungkin semua yang mengetahui waralaba film ini pasti tahu apa itu Lightsaber.

Lightsaber adalah senjata sejenis ‘pedang laser’ atau ‘pedang cahaya’ yang bakal membelah tubuh lawan dengan mudahnya apabila mereka lengah. Pedang ini memiliki suara yang unik dan tidak akan dilupakan oleh para penggemar ‘Star Wars’. Tak hanya tubuh manusia yang bisa dipotong oleh Lightsaber, tapi juga berbagai benda yang menjadi potongan-potongan kecil.

Bahkan, kehebatan Lightsaber juga bisa digunakan untuk bertahan, misalnya menangkal tembakan dari pistol laser atau Blaster musuh.

2. Millenium Falcon

Millenium Falcon di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Millenium Falcon di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Bukan sembarang pesawat luar angkasa, Millennium Falcon adalah kendaraan legendaris dalam film ‘Star Wars. Kendaraan ini adalah simbol kemenangan untuk Rebel Alliance dan New Republic.

Meskipun kini terlihat usang, tapi dalam lambung Falcon tersimpan banyak rahasia kuat. Pemilik pesawat ini mulai dari Lando Calrissian, Han Solo, hingga Gannis Ducain, telah melakukan modifikasi khusus untuk menambah kecepatan, menambahkan pelindung, dan senjata api dari Millenium Falcon ke tingkat yang sangat ekstrem.

Bentuknya seperti sebuah piring terbang raksasa, tapi Millenium Falcon bukanlah UFO.

3. Death Star

Death Star  di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Death Star di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Death Star adalah senjata utama kekaisaran Sith alias para pengabdi kegelapan. Berukuran sebesar Bulan dan wujudnya yang mirip Bulan, stasiun luar angkasa ini memiliki kemampuan untuk menghancurkan planet.

Stasiun ini adalah kekuatan paling mengerikan dalam seri ‘Star Wars’ yang menghantui berbagai planet di sepanjang episode 4,5, dan 6 dari serial tersebut. Di ‘Star Wars: Rogue One’, kita bisa kembali melihat kedigdayaan Death Star yang agung.

4. Blaster Pistol

Blaster Pistol di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Blaster Pistol di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Senjata yang biasa digunakan bagi para personel militer atau warga sipil di galaksi ‘Star Wars’. Pistol ini menembakkan semburan cahaya terang berdasarkan energi seperti kilat atau laser.

Blaster Pistol memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi. Bahkan selain sebagai senjata menembak, Blaster Pistol bisa digunakan sebagai senapan yang mengeluarkan kait untuk memanjat.

Sosok ikonik yang menggunakan senjata ini sebagai andalannya adalah Han Solo yang kepergiannya harus kita relakan di ‘The Force Awakens’ lalu.

5. Speeder (Hovercraft)

Speeder di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Speeder di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Landspeeder Hovercraft atau yang biasa disebut Speeder saja adalah kendaraan menyerupai motor tapi berbeda bentuk dan cara kerjanya adalah berjalan melayang dengan kecepatan tinggi. Sejumlah Speeder juga memiliki kemampuan untuk membawa muatan yang cukup besar.

Di planet Jakku, Speeder dimanfaatkan oleh sosok protagonis di serial ini, Rey, dalam mencari benda-benda rongsokan ketika dirinya masih bekerja sebagai pemulung.

6. Droid

Droid C-3PO di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Droid C-3PO di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Droid dalam Star Wars adalah robot yang dirancang untuk membantu dalam segala aspek kehidupan. Mereka bekerja sesuai dengan tingkat kecerdasan buatannya.

Sebagian besar Droid dibatasi untuk tidak menyakiti manusia organik, kecuali Droid keamanan dan Droid pembunuh bayaran.

Contoh Droid populer dari ‘Star Wars’ yang tak mungkin kamu lewatkan adalah R2-D2 dan C-3PO, juga yang terbaru ada BB-8 si Droid ‘bola bergulir’.

7. Hologram

Hologram di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Hologram di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Hologram adalah proyeksi visual seseorang atau sebuah benda, biasanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dan untuk hiburan.

Hasil proyeksi hologram di ‘Star Wars’ biasanya berwarna monokrom, biru, atau dengan sedikit atau tidak ada warna lain sedikitpun. Di dalam film, teknologi Hologram tampak digunakan untuk menyimpan pesan dalam sebuah device khusus.

8. Hyperdrive Space Travel

Teknologi Hyperdrive di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Teknologi Hyperdrive di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Hyperdrive adalah teknologi yang bisa membuat pesawat luar angkasa di ‘Star Wars’ untuk melaju dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya, menembus berbagai dimensi alternatif di luar angkasa lewat hyperspace.

Proses melompat alias jump untuk Hyperdrive perlu berhati-hati karena ada banyak bayangan objek di hyperspace yang bisa bertabrakan jika tidak dilakukan dengan cermat.

9. Board Game 3D, Dejarik

Game 'Dejarik di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Game ‘Dejarik di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Dejarik adalah papan permainan hologram yang biasanya dimainkan di dalam pesawat ruang angkasa atau rumah-rumah di seluruh galaksi ‘Star Wars’ dari sejak zaman Clone Wars.

Permainan sejenis board game ini sering dimainkan untuk menghabiskan waktu dalam perjalanan hyperspace yang panjang. Dejarik biasa dimainkan oleh Droid, manusia, Clone, atau spesies lain dalam film.

10. Z-6 Jetpack

Jetpack Z-6 di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Jetpack Z-6 di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

Jetpack Z-6 adalah jetpack yang sering digunakan oleh pasukan komando Mandalorian di galaksi, mulai dari sekte yang terorganisir seperti Death Watch hingga wilayah asing di pinggiran, seperti Jango Fett dan Boba Fett.

Jetpack ini sangat cepat dan gesit dan bisa menjaga penerbangan yang dilakukan terus-menerus dan juga membuat ledakan sebagai taktik dalam pertempuran.

Sayangnya, Jetpack Z-6 rentan mendapatkan kerusakan eksternal. Satu hantaman saja bisa menyebabkan pesawat kehilangan kendali dan menyebabkan kematian. Lihat saja nasib tragis yang dialami Boba Fett.

11. TIE Fighter

Pesawat TIE Fighter di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Pesawat TIE Fighter di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

TIE Fighter adalah kendaraan canggih yang ikonik dari pasukan Imperial yang mengerikan di seri Star Wars. TIE Fighters adalah pesawat pilot tunggal yang dirancang untuk pertarungan pesawat tempur X-Wing dari pasukan Rebel dan Starfighter lain.

Terdapat model lain untuk pesawat TIE Fighter, seperti Inceptor TIE yang berbentuk kerdil dan Bomber TIE yang bersifat eksplosif.

12. X-Wing

Pesawat X-Wing di 'Star Wars'. (Foto: Star Wars)
Pesawat X-Wing di ‘Star Wars’. (Foto: Star Wars)

X-Wing adalah pesawat tempur luar angkasa milik Rebel Alliance yang memiliki kekuatan senajata dan kecepatan yang seimbang. Pesawat ini memiliki empat senjata laser dan dua peluncur torpedo proton. X-Wing bisa menahan apapun yang ditembakkan pesawat Empire.

Mesin X-Wing yang gesit bisa membantu meningkatkan performa pesawat saat pertarungan dengan kecepatan mumpuni dan kemampuan melakukan lompatan Hyperdrive.

Artikel Asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here